Review Film ‘US’, Ketegangan yang Tiada Henti!

We Are Our Own Worst Enemy – Film ‘US’ ini adalah film horror didalam film horror. Mungkin ungkapan ini yang menurut gua pas banget buat deskripsiin ini film. Ya, horror memang tidak selalu yang berbau dengan hantu atau makhluk astral lainnya. Kalau menurut wikipedia sendiri sih, film horror adalah film yang berusaha untuk memancing emosi berupa ketekutan dan rasa ngeri dari penontonnya. Dan pengertian dari wikipedia itu ada banget di film ini, siap membuat mimpi buruk kepada siapa saja yang telah menonton film ini

Semua keberhasilan pada film ini tidak lain adalah berkat para pemain peran, penulis naskah serta sutradara dan juga hal pendukung lain yang sudah bekerja dengan sangat baik didalam film ini. ‘US’ ini merupakan salah satu masterpiece dari Jordan Peele yang sebelumnya dia juga udah sukses di film ‘Get Out (2017)’. Dia juga telah berhasil membuat film horror dan thriller yang segar dengan konsep baru, yang membuat orang terheran karena ia dapat membuat film dengan jalan cerita seperti itu.

Aktris berbakat Lupita Nyong’o pun berperan kece abis di film ini, lebih kece daripada penampilan dia di film Black Panther (2018) sebagai Lupita. Gak tau kenapa gw nilai di film ini dia lebih ‘All Out’, apa mungkin karena disini ia menjadi pemeran utama ya?. Emosinya dapet banget, semua watak tuh kayanya udah sepaket dia perani didalam film ini. Gak heran kalau dia udah menyabet 40 penghargaan di dunia perfilman dan namanya masuk kedalam 59 nominasi.

Diceritakan Adelaide (Lupita Nyong’o dan keluarganya yaitu Gabe (Winston Duke), Jason (Evan Alex) dan Zora (Shahadi Wright Joseph) pindah ke suatu rumah dekat pantai untuk berlibur. Niat keluarga tersebut yang tadinya ingin berlibur pun menjadi tidak nyaman dikarenakan orang – orang yang meneror mereka dengan sangat – sangat terencana. Dan anehnya, orang – orang yang meneror keluarga mereka mirip sekali dengan mereka, seakan – akan seperti mempunyai kembaran di dunia ini. Paling tidak itulah yang diceritakan pada potongan trailer film ‘US’ ini.

Untuk alur sendiri sih kayanya Jordan Peele emang keahliannya dalam film Thriller/ Horror semacam ini. Terbukti juga saat di film ‘Get Out (2017)’, dan kali ini ‘US (2019)”, cerdas dan apik! Ya, jadi dia membahas sedikit demi sedikit tentang apa yang terjadi dan penjelasannya juga seperti di jelaskan secara perlahan dan sangat hati – hati dari bagian tengah sampai akhir film.

Efeknya, klimaks konflik lebih dapet dan mudah dimengerti, walaupun pada bagian awal – awal filmnya kemungkinan kamu akan banyak bertanya – tanya dalam hati, kenapa hal tersebut bisa terjadi dan ada apa sebenarnya. Semua unsur dalam film ini pun bersatu padu dengan sempurna, baik itu dari naskah, pemerannya, sudut pandang, tidak lupa efek suara yang mencekam adalah pelengkap pada film ‘US’ ini.

Namun yang masih jadi pertanyaan gua sendiri yang sampai saat ini belum terungkap adalah judul dari film ini, yaitu ‘US’. Apakah US ini berasal dari bahasa Inggris yang berarti kita/ kami, atau ‘US’ yang berarti kepanjangan dari United States (Amerika Serikat) karena latar tempat ini berada di sana. Dua – duanya mungkin banget sih soalnya nyambung sama ceritanya.

Pada awal film ini memang terkesan datar dan agak membosankan. Cukup lama juga alur menceritakan ke konflik sebenarnya, namun pada saat filmnya sudah mulai masuk di konfliknya itu seperti diceritakan tanpa henti dan jeda. Dipastikan ketegangan tiada henti akan dirasakan oleh penonton hingga bagian akhir film.

Ditambah lagi ending dari film ini yang gilanya pasti bakal membuat surprise siapa saja penontonnya dan bikil kesel sendiri, hahaha!

For your information, seperti halnya dengan film horror thriller lainnya, film ini berkategori merah atau hanya bisa ditonton oleh kamu yang berusia 17 tahun ke atas. Dan buat kamu yang sudah berusia 17 tahun keatas, jangan sampai ketinggalan untuk menonton film ‘US’ ini di bioskop kesayangan ya..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here