Review Film ‘Pet Sematary’, Terkadang Kematian adalah Lebih Baik

Terkadang, kematian adalah hal yang lebih baik. Kalimat tersebut sangatlah cocok untuk disematkan pada film yang akan kita bahas kali ini. Yup, Pet Sematary! Film Pet Sematary adalah sebuah film horror Amerika yang ceritanya dikutip dari novel legendaris milik Stephen King pada tahun 1983, dan tahun 2019 ini di remake kembali dari film dengan judul yang sama dari tahun 1989.

Setelah sukses dengan karya Stephen King sebelumnya pada film IT, kini rumah produksi film yang lain asal Amerika (Di Bonaventura Pictures dan Paramount Pictures) juga ingin mencoba keberhasilan pada karya Stephen King lainnya, yakni pada Pet Sematary ini, film horor dengan durasi 101 menit yang siap membuat kamu merinding di sepanjang film nya.

Bercerita tentang sebuah keluarga bahagia yang (lagi – lagi) baru pindah ke suatu daerah yang jauh dari kota, dimana Louis (Jason Clarke) dan istrinya, Rachel (Amy Seimetz) beserta kedua orang anaknya: Ellie (Jete Laurence) dan Gage (Hugo Lavole) ingin memulai hidup baru yang jauh dari kegiatan hiruk pikuk kota dan memilih menjadi warga desa yang ingin hidup lebih tenang.

Namun pada suatu hari Ellie menemukan tempat pemakaman hewan peliharaan (pet sematary) dengan kumpulan anak yang sedang melakukan suatu ritual di tempat tersebut. Masalah mulai muncul saat Church, kucing peliharaan kesayangan mereka mati tertabrak dan entah bagaimana kucing tersebut diceritakan dapat hidup kembali. Namun kucing yang hidup kembali ini terasa memiliki sifat yang tidak sama seperti saat ia masih hidup dan seperti lebih galak dan juga bringas.

Kematian pun juga terjadi pada Ellie, anak perempuan satu – satunya dari keluarga tersebut. Louis yang tidak terima dengan kematian putrinya yang terasa kepergiannya terlalu cepat juga ingin melakukan hal yang sama dengan kucingnya yang telah mati dan dapat hidup kembali. Rasa sayang orang tua yang sangat kuat kepada anaknya lah yang membuat hal ini dapat terjadi. Ellie berhasil dapat hidup kembali. namun lagi – lagi, kini Ellie nampak tidak seperti Ellie pada biasanya!

Paling tidak itulah potongan film dari cuplikan trailer film Pet Sematary di youtube yang pada saat tulisan ini dibuat, sudah ditonton sebanyak 8,5 juta kali. Angka yang cukup fantastis untuk sebuah trailer dari film horror, menandakan banyaknya orang – orang yang menunggu akan kehadiran film ini setelah lama mereka menunggu dari film Pet Sematary di tahun 1989.

Kalau menurut gua pribadi, film Pet Sematary ini cukup mudah untuk dipahami dari segi jalan ceritanya dengan plot yang ringan. Namun, pada saat awal film ini baru mulai hingga pertengahan dan ingin mengarah ke konflik utamanya, itu terasa cukup lama dan disitu gua agak merasa bosan. Konflik pun menjadi seperti terbagi – bagi, tidak fokus terhadap konflik utamanya, dan itu mungkin hanya untuk menambah esensi horror di film ini.

Sayang sekali untuk bagian scene jump scare-nya malah mudah ditebak dan kurang berhasil. Banyak juga scene jump scare yang sudah ditampilkan pada trailer film ini yang malah membuat gua kurang terkesan sama jump scare nya dan scene – scene yang lain. Pada trailer filmnya cukup banyak memberi tahu bahkan hampir seluruh scene – scene penting yang ada didalam film Pet Sematary ini. Walaupun begitu, ending dari film ini cukup membuat surprise dan sangat tidak disangka sama sekali.

Patut diacungi jempol untuk pemeran Ellie (Jete Laurence). Dengan umurnya yang masih belia, ia dapat memainkan banyak peran dengan cukup bagus dan dapat mengimbangi dengan aktor lainnya dalam film ini. Sinematografi, pengambilan sudut pandang dan latar belakang tempat dan waktu sangat sempurna, walaupun banyak scene penting yang seharusnya ditampilkan namun tidak ada dan malah terdapat scene lain yang sedikit ‘keluar jalur’ dari alur film.

Namun demikian, tetap saja film Pet Sematary ini direkomendasikan bagi kamu pecinta film horror. Cerita – cerita dari Stephen King yang sangat brilian, dijamin tidak akan membut kamu kecewa. Happy watching Pet Sematary!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here