Mengapa Kita Bisa Alergi?

Alergi mungkin banyak macamnya dan banyak pula pengidapnya. Mungkin salah satu pengidapnya adalah teman kita, keluarga kita, atau bisa jadi diri kamu. Untuk sebagian orang mungkin tidak terlalu memperhatikan terhadap alergi yang sedang dihadapi, namun terkadang alergi ini sangat mengganggu dalam melakukan suatu hal atau kegiatan.

Misalnya kamu sedang mempresentasikan tugas atau kerjaanmu di kantor maupun di kampus. Sangat tidak lucu kalian mejadi bersin – bersin atau merasa gatal – gatal saat di tengah – tengah kegiatan tersebut, didepan banyak orang. Tentu yang kamu rasakan adalah malu dan menjadi tidak percaya diri.

Alergi adalah reaksi berlebihan dari sistem kekebalan tubuh kita terhadap zat yang sebenarnya tidak berbahaya seperti kacang, susu, serbuk sari bunga dan lain sebagainya. Kemudian zat-zat yang tidak berbahaya ini disebut sebagai alergen.

Presentasi
Presentasi

Sistem kekebalan tubuh kita mempunyai sel darah putih atau yang disebut limfosit untuk melindungi kita dari serangan zat asing seperti virus, bakteri, parasit, dan lain-lain. Kemudian zat asing ini dinamakan sebagai antigen.

Saat limfosit mendeteksi adanya antigen didalam tubuh kita, limfosit akan menghasilkan antibodi. Lalu dengan segera antibodi ini menghancurkan antigen dan kemudian melindungi kita dari ancaman yang dapat ditimbulkan oleh antigen.

Sekarang, jika sebuah alergen yang sebenarnya tidak berbahaya seperti serbuk sari bunga yang secara tidak sengaja dihirup oleh orang yang alergi, limfosit dari orang yang alergi tersebut akan menduga bahwa alergen yang tidak berbahaya tersebut adalah sebuah antigen yang mengancam.

Alergi Kacang
Alergi Kacang

Oleh karena itu, limfosit bereaksi dan memproduksi zat antibodi untuk menyerang zat alergen yang padahal tidak berbahaya. Disamping ini sebagai respon untuk melindungi tubuh kita, beberapa  sel kekebalan tubuh juga memicu produksi dari lendir yang berlebih dan mengarah ke hidung. Hal ini bahkan menimbulkan gatal pada tenggorokan, mata berair dengan demikian menyebabkan seseorang menjadi alergi.

Itulah kenapa pentingnya banyak informasi pada suatu kemasan makanan, mengandung apa sajakah makanan tersebut agar nantinya kita tidak terkena alergi. Terkadang juga terdapat peringatan bahwa produk tersebut mengandung kacang – kacangan atau lain sebagainya untuk mengingatkan kembali apakah kita alergi terhadap zat tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here