Cara Merawat Sepatu Terbaik Saat di Rumah

AGANESIA.COM, Jakarta – Sepatu adalah barang yang pastinya dimiliki oleh semua orang. Bukan hanya untuk sekedar pelindung kaki, sepatu juga dapat digunakan untuk keperluan fashion dan menunjang penampilan anda. Banyak orang yang memiliki sepatu namun hanya sedikit yang mengerti untuk merawat sepatu – sepatu tersebut dan akhirnya sepatu pun menjadi rusak dan tidak terawat. Kali ini kita akan membahas cara merawat dan membersihkan pijakan kaki tersebut agar awet dan juga tahan lama. Mari disimak.

1Membersihkan Sol Luar Sepatu Dengan Penghapus

Hal ini dapat berguna misalnya kamu mempunyai sepatu yang sol luarnya tebal, sebut saja sepatu sneakers. Penghapus tentu mudah didapatkan didalam rumah bukan? Apalagi jika kalian adalah masih pelajar. Selain penghapus digunakan untuk para pelajar membersihkan tulisan pensil di kertas, penghapus juga dapat membersihkan kotoran yang memlekat pada sol luar sepatu. Pastikan untuk memilih penghapus yang bagus. Biasanya ciri – ciri penghapus yang bagus adalah yang memiliki struktur lunak dan tebal.

2Sikat Halus untuk Jenis Sepatu Suede

Memakai sepatu suede memang dapat menambah keren penampilan kamu, namun merawat sepatu suede ialah susah – susah gampang. Hal ini dikarenakan sifat sepatu ini yang sangat sensitif dan juga rentan akan terkena kotoran, air dan juga debu. Butuh perhatian ekstra dan hati – hati apabila kita sedang memakai sepatu jenis ini agar tetap bersih dan juga awet.

Namun jangan khawatir, para pemilik sepatu suede dapat membersihkan sepatu mereka cukup dengan sikat yang halus agar sepatu suede mereka tetap awet dan kembali menjadi bersih. Jangan biarkan sepatu suede milikmu terus – terusan terkena sinar matahari karena hal tersebut akan membuat sepatu kamu menjadi cepat rusak. Untuk tambahan, pakailah spray sepatu agar tahan dari air dan juga debu

3Ganti Sepatu Secara Berkala

Janganlah menggunakan sepatu yang sama secara terus menerus setiap hari. Hal tersebut tentu akan membuat sepatu kamu menjadi cepat rusak dan tidak awet. Selingi penggunaan sepatu kamu paling tidak setiap 2 hari sekali agar membuat sepatu kamu terhindar dari kerusakan. Penggunaan sepatu yang sama setiap hari secara terus menerus juga dapat membuat sepatu kamu menjadi bau dan tidak nyaman untuk dipakai.

4Jangan Letakkan Di Sinar Matahari Langsung Saat Basah

Sikap tidak sabar memang umumnya melekat pada diri banyak pria. Namun sikap itu
harus segera kamu singkirkan jika sepatumu dalam kondisi basah dan ingin kamu
jemur. Menjemur sepatu basah dibawah sinar matahari langsung memang terkesan
akan mempercepat proses pengeringan.

Namun dengan kita meletakkan sepatu kitadibawah sinar matahari langsung mengakibatkan warna sepatu akan cepat pudar.Selain itu, jika cucianmu tidak terlalu baik, akan mengakibatkan bau apek pada soldalam sepatu. Sehingga, ada baiknya saat mencuci atau ingin mengeringkan,diletakkan pada ruang tertutup dan berikan kipas angin untuk mempercepat
pengeringan.

5Gunakan Shoe Tree

Aktivitas dengan jam terbang tinggi akan mengakibatkan sepatu yang senantiasa kamu pakai berubah bentuk. Perubahan ini dalam artian, sepatu akan berubah bentuk dari awal pembelian. Hal ini dapat dilihat dari kondisi sepatu yang semakin lecek dan kusut. Untuk itu kamu perlu memberikan shoe-tree untuk menjaga bentuk sepatu. Jika kalian tidak memiliki alat ini, maka kamu dapat menggantinya dengan Koran atau ketas bekas untuk mengisi sepatu.

Merawat sepatu memang tak sesusah yang dibayangkan. Dari beberapa tips diatas, kamu
dapat merawat sepatumu dirumah tanpa harus pergi ke tukang pembersih sepatu. Jika
kamu memiliki tips lain, silahkan tulis pada kolom komen ya. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here