Cara Membedakan Kabel Iphone yang Original atau Tidak

Kabel Loghtning Iphone

AGANESIA.COM, Jakarta – Siapa yang tidak tahu produk Apple? Ya, perusahaan yang memproduksi barang ekslusif dengan harga yang tak murah ini ditujukan untuk konsumen kelas menengah ke atas. Walaupun Apple mengakui seluruh produk dan aksesori mereka eksklusif dan dengan harga yang tinggi, namun terkadang tidak semua produk Apple dapat terjamin dari keasliannya

Contohnya ialah pada saat bulan Oktober 2016, perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs itu mengajukan petisi kepada perusahaan raksasa Amazon karena diduga sudah menjual aksesoris iPhone yang tidak original. Barang tersebut diantaranya ialah charger, headset, speaker, kabel dan barang lainnya yang dibuat oleh perusahaan produsen perangkat palsu yang ada didunia.

Celakanya, barang aksesoris yang tidak original tersebut dapat menimbulkan kerusakan pada Iphone dimulai dari perangkat yang cepat panas, korsleting, terbakar bahkan meledak. Tentu hal ini sangatlah berbahaya dikarenakan barang palsu ini belum melalui uji kelayakan. Apple mengaku telah melakukan uji kelayakan barang aksesori yang tidak original tersebut dan menemukan banyak masalah pada ICt bervoltase tinggi dan rendah.

Agar kita tidak bingung kedepannya, ada baiknya kita kembali memeriksa keoriginalan dari aksesoris yang digunakan, dan berikut ini ialah cara mengecek ke originalan dari kabel Iphone

1Verifikasi Made for iPhone

Biasanya Apple memiliki standar produksi yang dilakukan langsung oleh perusahaan, dan standar di mana Apple mengkonfirmasi aksesoris dari pihak ketiga, sehingga barang yang diproduksi oleh pihak ketiga pasti mempunyai tulisan “Made for iPhone”.

Kita dapat mengecek tulisan made for iphone ini pada box penjualan aksesoris, baik itu yang dijual terpisah ataupun yang terpaket. Nah, kabel asli Iphone justru tidak terdapat tulisan atau logo made for iphone dikarenakan satu – satunya aksesoris yang tidak diberi logo dan tulisan tersebut adalah kabel charger. Apabila terdapat charger Iphone yang terdapat tulisan made for Iphone, dapat dipastikan bahwa charger itu adalah barang palsu.

2Designed by Apple in California

Biasanya, kabel charger Iphone yang asli juga terdapat label “Designed by Apple in California” atau “Assembled in China” tertera pada belakang kemasan penjualannya.
Label “Assembled in Vietnam” atau “Indústria Brasileira” juga merupakan kode asli yang menandakan keoriginalan kabel iPhone. Pastikan label tersebut juga disertai dengan 12 digit nomor seri yang terdapat pada kemasan.

3Bedakan Ujung Kabel

Tahap selanjutnya untuk memastikan keaslian dari kabel Iphone ialah memperhatikan ujung kabel dari Lightning Port. Kabel iPhone yang original mempunyai garis-garis emas yang tidak timbul dan juga permukaan yang halus. Untuk kabel yang tidak original memiliki bahan metal yang permukaannya kasar, beda dengan yang original yaitu memiliki permukaan metal yang halus.

Selain itu pada kabel yang original, ujung dari kabel Lightning Port biasanya berwarna perak dengan garis emas yang mengkilap, lain halnya dengan versi palsu  yang Lightning Port-nya berwarna emas kehitaman.

Terakhir, ketebalan ujung kabel (bahan plastik putih) yang original memiliki ukuran yang pasti, dengan ukurannya yaitu 7,7 mm x 12 mm, lain halnya dengan ujung kabel palsu yang tidak memiliki ukuran tetap dan ketebalannya yang tidak merata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here