Bahaya Menahan Buang Air Kecil, Bisa Menyebabkan Kematian?

Saat kalian merasa ingin buang air kecil maka kalian harus segera pergi ke toilet, dan dengan begitu kalian akan merasa tenang dan menjadi relax.

Namun terkadang, banyak dari kita yang menahan saat ingin buang air kecil, entah itu karena tanggung untuk menyelesaikan suatu pekerjaan, atau sedang menonton film karena takut akan ketinggalan scene pentingnya nya, atau mungkin kamu sedang malas untuk pergi ke toilet

Padahal kalian pernah mendengar bahwa menahan buang air kecil sangat tidak baik untuk kamu, dan itulah sifat dasar dari manusia.

Jika kamu sering melakukan hal tersebut dan menahannya dalam waktu yang lama untuk buang air kecil hal tersebut bahkan dapat mengancam nyawa kalian.

Saat kalian sudah dewasa, kandung kemih kalian dapat menampung sekitar setengah liter air urin atau setara dengan 2 gelas yang penuh dengan air. Dan jika kandung kemih kamu sudah melewati dari batas tersebut maka barulah kamu akan merasakan apa yang dinamakan dengan kebelet buang air kecil.

Utinator
Urinator

Kandung kemih kamu memiliki dinding yang terdapat reseptor didalamnya untuk mengukur seberapa penuhnya kandungan air urin kamu saat ini. Dan saat kandungannya melewati batas, reseptor ini akan memberi sinyal ke otak dan memberi perintah bahwa inilah saatnya untuk buang air kecil.

Biasanya orang dewasa lebih dapat mengontrol kapan saatnya untuk pergi ke toilet,
yang berarti kamu bisa menetukan kapan bisa buang air kecil untuk berjaga – jaga misalnya tidak ada toilet terdekat atau sedang dalam perjalanan.

Berbeda dengan anak kecil mereka masih belum dapat mengontrol hal tersebut dan inilah mengapa banyak anak kecil yang mengompol/ tidak buang air kecil pada tempatnya.

Dan saat kamu memilih untuk menahannya, maka otot sphincters pada kandung kemih kamu akan tertutup dengan rapat untuk menjaga air urin kalian agar tidak bocor ke saluran uretra.

Penunjuk Arah Toilet
Penunjuk Arah Toilet

Tetapi jika kalian menahannya untuk waktu yang lama dikarenakan misalnya sedang dalam perjalanan di suatu kendaraaan dan kalian sering melakukannya. Kemungkinan besar kamu akan mendapatkan penyakit retensi urin dan menambah resiko untuk dapat terkena infeksi.

Retensi urin adalah ketidak mampuan kandung kemih untuk memebuang semua kandungan air urin sehingga masih tersisanya air urin. Menahan kandung kemih secara sering juga akan melemahkan otot pada kandung kemih.

Kandungan kemih kalian juga dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri apabila kamu sering menahan buang air kecil sehingga akhirnya terjadi infeksi.

Terdapat beberapa kasus dan ada yang meninggal namun jarang sekali karena kandung kemih yang meledak. Biasanya orang tersebut memang sudah mengalami kerusakan pada kandungan kemih sebelumnya.

Jadi, alangkah baiknya kita mencegah penyakit daripada mengobatinya. Langsung pergi ke toilet jika kamu merasa ingin buang air kecil

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here