7 Kebiasaan Tak Sadar Ini Dapat Membuat Gigimu Rusak

kesehatan gigi

AGANESIA.COM, Jakarta – Siapa nih di antara kalian yang giginya sudah berlubang? Wah, giginya sudah tidak sehat! Bukan hanya permen atau yang makanan yang manis – manis aja ya teman yang dapat merusak gigi kita, ternyata ada juga lho kebiasaan yang tidak sadar dapat merusak gigi dan gusi kita! Coba tebak, apa saja kira – kira kebiasaan yang dapat membuat gigi rusak? Mari disimak ya

1Tidak Pernah Menggunakan Benang Gigi

Kegiatan membersihkan sela-sela gigi dengan menggunakan benang gigi disebut juga dengan istilah flossing atau dental floss.  Kegiatan flossing ini suka disepelekan dan ditinggalkan oleh kebanyakan masyarakat padahal manfaatnya sangatlah banyak. Terkadang saat kita menggosok gigi, tidak semua sisa makanan terangkat. Nah, disinilah fungsi dari flossing, yaitu dapat mengangkat bakteri yang disebabkan oleh sisa makanan yang tersisa pada gigi. Setelah bakteri ini berkembang biak pada gigimu, mereka dapat membuat gigimu berlubang apabila tidak flossing.

2Jarang Mengganti Sikat Gigi

Sikat gigi yang sudah terlalu lama dipakai itu sangat tidak baik dan akan membuat bulu – bulu sikatnya tidak lagi efektif dipakainya. Akhirnya, bakteri akan bersarang pada bulu sikat gigi dan dapat membuat infeksi. Oleh sebab itu, gantilah sikat gigi secara rutin ya teman, minimal 3 bulan sekali agar gigi kita terbebas dari kuman

3Terlalu Banyak Mengkonsumsi Gula

Ini sudah bukan rahasia lagi teman, bahwa gula dapat merusak gigi. Dari kecil kita sudah dilarang jangan terlalu banyak makan permen oleh orang tua kita, karena salah satunya ialah dapat membuat gigi rusak. Memang ada apa sih dengan gula, kok dapat merusak gigi? Jadi, gula itu dapat membantu bakteri untuk memproduksi asam yang dapat merusak lapisan email pada gigi apabila dibiarkan menetap terlalu lama pada mulut. Jadilah gigi kita yang berlubang

4Terlalu Keras Saat Menggosok Gigi

Ada beberapa pendapat bahwa bakteri dan noda yang tertempel pada gigi akan hilang jika kita menggosok gigi dengan keras. Nyatanya, hal tersebut justru dapat membuat luka gusi dan lapisan email gigi. Lapisan gusimu pun akan menipis sehingga gigi menjadi sensitif.

5Suka Mengunyah Es Batu

Mengunyah es batu, siapa yang tidak suka? Biasanya saat kita membeli minuman dingin dengan es batu lalu minuman tersebut sudah habis dan hanya tersisa es batunya, disinilah kebiasaan kita mengunyah es batu. Namun, mulai sekarang kurang-kurangilah kebiasaan yang satu ini ya teman. Kenapa? Karena es batu dapat merusak lapisan email dan gigi. Suhu yang dingin pada es batu juga tidak bagus untuk kesehatan pada gigi.

6Merobek atau Membuka Sesuatu Menggunakan Gigi

Pasti kebanyakan orang pernah melakukan hal ini. Biasanya hal ini dilakukan disaat darurat atau tidak ada barang lain yang dapat digunakan untuk membuka ataupun merobek barang tertentu. Namun, kurangi ya kebiasaan yang satu ini karena hal ini dapat membuat gusi luka dan gigi kita rusak. Gunakanlah perkakas yang semestinya dipakai untuk merobek ataupun membuka barang tadi.

7Merokok

Semua orang pasti sudah tahu juga apabila merokok dapat membuat kerusakan pada gigi. Namun yang dapat lebih merusak gigi ialah mengunyah tembakau, dikarenakan tembakau bisa mengganggu aliran darah ke gusi. Lebih parahnya lagi, merokok atau mengkonsumsi tembakau bahkan dapat membuat kanker mulut.

Mari mulai sekarang kita lebih memperhatikan kesehatan gigi, gusi dan mulut kita karena semua penyakit banyak yang berasal dari kesehatan mulut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here